Cloud VPS Terbaik

4 Penyedia Layanan Cloud VPS Terbaik Selain Google dan Amazon

Google dan Amazon merupakan dua raksasa penyedia layanan Cloud yang banyak dipakai oleh perusahan-perusahan besar. Namun sistem pembayarannya tidak disukai oleh bisnis kecil hingga menengah, para developers yang mengerjakan proyek pribadi dan pengguna lainnya yang membutuhkan layanan Cloud.

Namun, seiring dengan meningkatnya permintaan layanan cloud virtual private server (VPS), maka semakin banyak pilihan dari perusahaan penyedia layanan Cloud lainnya. Perusahaan-perusahaan ini menawarkan biaya langganan yang lebih murah dan fitur-fitur yang tidak kalah bersaing dengan Google dan Amazon. Berikut ini adalah 4 penyedia layanan Cloud VPS terbaik.

1. DigitalOcean

Meski masih baru (didirikan pada tahun 2011), DigitalOcean menjadi pilihan favorit bagi para developer. Perusahaan ini memiliki data center yang tersebar dibanyak kota di beberapa negara, seperti: New York, San Fransisco, Amsterdam, Singapura, London, Frankfurt, Toronto dan Bangalore.

Pengguna dapat memilih untuk menggunakan sistem operasi Debian, Ubuntu, CentOS, Fedora, CoreOS dan FreeBSD, termasuk CMS seperti Drupal, Joomla dan MediaWiki.

DigitalOcean menawarkan biaya langganan mulai dari US$ 5 atau sekitar Rp65 Ribuan.

2. Scaleway

Scaleway menawarkan layanan Cloud VPS dan standar VPS, dimana semua fasilitasnya ada di Paris, Perancis. Pengguna dapat memilih menggunakan sistem operasi Debian, Ubuntu, CentOS, Fedora dan OpenSuse. Scaleway mendukung aplikasi, seperti WordPress, Serendipity, Prestashop, Cozy dan Syncthing.

Scaleway menawarkan layanan Cloud-nya dengan biaya per bulan yang paling murah adalah 3 Euro atau sekitar Rp440 Ribuan.

3. Linode

Linode menjadi yang paling senior, perusahaan ini didirikan pada tahun 2003. Dan memiliki empat daya center di empat kota di Amerika Serikat, serta di negara lainnya, seperti di London, Frankfur, Tokyo dan Sngapura.

Pengguna bisa memilih sistem operasi yang digunakan seperti yang sudah dijabarkan di atas ditambah mendukung Slackware. Lenodo menawarkan layanan Cloud VPS dengan biaya berlangganan mual US$ 10 atau sekiyar Rp11o Ribuan.

4. Vultr

Vultr fokus pada flexsibiltas, perusahaan ini menawarkan pengguna untuk memilih menggunakan sistem operasi Windows dan juga Linux diantaranya: Ubuntu, Debian, CentOS dan FreeBS. Vultr mempunyai data center yang berlokas di Seattle, Silicon Valley, Los Angeles, Dallas, Miami, Atlanta, New Jersey, Chicago, London, Amsterdam, Frankfurt, Paris, Tokyo, dan Sydney.

Vultr menawarkan biaya langganan mulai dari US$ 20 atau sekitar Rp260 Ribuan.

Selain 4 Cloud VPS terbaik di atas, di Indonesia juga sudah  banyak perusahaan Hosting yang menawarkan layanan Cloud Hosting, salah satunya adalah memilih Jakartawebhosting.com. Perusahaan ini menawarkan biaya langganan mulai dari Rp190.000 / bulan dan pengguna bisa memilih menggunakan sistem operasi Windows atau Linux.