6 Tips Cloud Storage Untuk Meningkatkan Produktivitas

6 Tips Cloud Storage Untuk Meningkatkan Produktivitas

Banyak dari kita yang pastinya sudah menggunakan layanan cloud storage untuk menyimpan file-file dan mengaksesnya dari mana saja atau membaginya kepada teman. Tetapi banyak dari kita yang mungkin belum tahun bahwa Cloud Storage dapat meningkatkan produktivitas kerja kamu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dengan cloud storage.

1. E-mail Attachments

E-mail masih menjadi salah satu tool yang penting pada pekerjaan. Dengan E-mail kita bisa berkomunikasi antar internal ataupun dengan klien, dan terkadang kita menyertakan file attachment untuk dikirimkan. Untuk file berukuran kecil mungkin tidak masalah, namun jika file berukuran besar akan menjadi masalah. Biasanya untuk ukuran file attachment maksimal adalah 10mb sudah termasuk teks. Untuk file yang lebih dari itu bisa kamu bisa menggunakan cloud storage, seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDrive, Box, dan lainnya. Upload filenya dan kirim linknya bersama dengan email.

2. Menulis Catatan Darimana Saja

Untuk kamu yang sering lupa, sekarang kamu bisa membuat daftar to-do-list atau daftar pekerjaan yang harus kamu lakukan dan mengaksesnya darimana saja sehingga tidak ada lagi yang terlupa. Buat file note dengan ekstensi .txt dari smartphone atau komputer, kemudian upload ke Dropbox, Google Drive dan sejenisnya, dan akses file tersebut dari mana saja selama terkoneksi dengan internet.

3. Kolaborasi Dokumen

Dengan tool atau sistem, kita dapat membuat satu dokumen dikerjakan oleh bebeberapa orang bersama-sama. Kita dapat mengerjakan dokumen ini darimana saja baik menggunakan perangkat komputer atau smartphone. Tool yang popular diantaranya adalah Google Docs dan Microsoft Office 365.

4. Transfer File Dengan Mudah

Untuk mengirim file dengan ukuran yang besar bisa memanfaatkan layanan cloud storage. Setelah selesai meng-upload-nya kita bisa mengirimkan link-nya kepada orang-orang yang kita inginkan dimanapun mereka berada. Atau kamu jadi bisa mengakses file tersebut dimana saja, kapan saja tanpa mengurangi kapasitas media penyimpanan di perangkat kamu.

5. Remote Printing

Dengan teknologi cloud sekarang kita bisa mencetak dokumen ataupun file lainnya darimana saja, salah satunya dengan menggunakan teknologi Google Cloud Print, dan printer sebaiknya sudah mendukung teknologi ini. Google Cloud Print adalah teknologi baru yang menghubungkan printer Anda ke web. Dengan menggunakan Google Cloud Print, Anda dapat membuat printer rumah dan kantor tersedia bagi Anda dan siapa pun yang dipilih, dari aplikasi yang Anda gunakan setiap hari. Google Cloud Print bekerja di ponsel, tablet, Chromebook, PC, dan perangkat lainnya yang terhubung dengan web, tempat asal berkas yang ingin Anda cetak.

6. Backup Data Penting

Dengan layanan Cloud Storage tentunya kini kita dapat melakukan backup file dokumen yang penting, tanpa perlu khawatir data akan hilang lagi. Dan juga kini tersedia banyak layanan penyimpanan berbasis Cloud yang menawarkan fitur enkripsi seperti misalnya adalah Mega. Jadi kita tetap dapat menjaga dokumen penting.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan berbagai pilihan paket cloud hosting dengan harga yang terjangkau, serta memiliki customer support yang handal yang siap membantu kamu selama 24 jam.