Apa Itu Cloud Hosting

Apa Itu Cloud Hosting

Pastinya kamu sudah pernah mendengar istilah cloud hosting, tapi mungkin belum terlalu paham apa itu. Layanan cloud hosting menyediakan hosting untuk website di virtual server yang menggunakan sumber daya komputasi dari jaringan beberapa server web fisik. Secara garis besar klien dapat memanfaatkan layanan ini sebanyak yang mereka butuhkan, tergantung kebutuhan dari website mereka, dan mereka hanya akan membayar apa yang mereka gunakan.

Cloud hosting ada sebagai alternatif untuk hosting website pada server single baik dedicated server maupun shared server. Dan dapat dianggap sebagai perluasan dari konsep clustered hosting dimana website di hosting pada beberapa server. Dengan cloud, jaringan server yang digunakan sangat luas dan mengambil sumber daya dari data center yang berbeda yang ada di lokasi yang berbeda.

Contoh praktis dari cloud hosting dapat diklasifikasi sebagai dua: Infrastructure as a Service (IaaS) dan Platform as a Service (Paas). Dibawah IaaS menawarkan klien dengan sumber daya perangkat keras yang divirtualisasi, dimana mereka dapat menginstall software pilihan mereka sendiri sebelum membangun aplikasi web mereka. Pada layanan PaaS, klien juga disediakan dengan software environment, sebagai contoh, sistem operasi, dukungan database, software web server dan dukungan programming, yang mana mereka dapat langsung meng-install-nya dan mengembangkan aplikasi web-nya. Bisnis dengan infrastruktur IT yang kompleks dan profesional IT yang berpengalaman mungkin ingin memilih model IaaS lebih disesuaikan.

Pengembangan dari konsep cloud hosting untuk pengguna bisnis adalah Virtual Data Center (VDC). Hal ini menggunakan jaringan server virtualisasi di cloud yang dapat digunakan untuk host semua operasi IT dari bisnis termasuk website.

Contoh yang lebih jelas dari cloud hosting melibatkan penggunakan model public cloud – yang hosting di virtual server yang mengambil sumber daya dari pool yang sama seperti virtual server lain yang tersedia untuk umum dan menggunakan jaringan publik yang sama untuk mengirimkan data. Layanan public cloud ini termasuk beberapa langkah keamanan untuk memastikan data tetap rahasia dan akan cukup untuk sebagian besar instalasi website. Namun, dimana keamanan dan privasi lebih dari perhatian bisnis bisa berubah ke private cloud sebagai alternatif. Layanan cloud ini menggunakan sumber daya ring-fenced (server, jaringan dan lainnya), baik disimpan pada server on site atau dengan penyedia cloud.

Cloud Hosting dapat memberikan fitur dan manfaat sebagai berikut:

  • Kehandalan: Website yang di host pada virtual partition dimana mengambil sumber daya, seperti disk space dari beberapa jaringan server fisik. Jika salah satu server tiba-tiba offline, akan melemahkan sumber daya yang tersedia untuk cloud, tetapi tidak akan berpengaruh pada ketersedian website. Website tidak akan offline karena akan mengambil sumber daya dari server lain yang tersedia.
  • Keamanan fisik: Server fisik pastinya disimpan di dalam data center dan keuntungannya adalah keamanannya. Karena fasilitas menerapkan sistem untuk mencegah orang untuk mengakses.
  • Skalabilitas dan fleksibilitas: Sumber daya tersedia secara real time berdasarkan permintaan dan tidak terbatas pada kapasitas satu server. Jika klien meminta tambahan sumber daya, karena adanya peningkatan jumlah pengunjung atau ingin menerapkan fungsi baru, semuanya dapat dilakukan dengan segera.
  • Biaya: Klien hanya membayar untuk apa yang mereka gunakan.
  • Load balancing yang responsif: Load balancing merupakan berbasis software dan dapat secara instan terskala untuk merespon perubahan permintaan.

 

Untuk mendukung pengembang bisnis anda menuju transformasi digital, Jakartawebhosting menyediakan layanan Cloud Hosting dengan keamanan yang terjamin, layanan yang prima, dan harga yang bersaing.