Apa Itu CloudFlore dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu CloudFlare dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apabila Anda orang yang kecimpung di dunia internet, mungkin Anda pernah mendengar nama CloudFlare, apabila yang belum? Meskipun pernah mendengar, mungkin Anda tidak mengerti apa sebenarnya CloudFlare itu. Kalau memang begitu, maka kali ini saya akan menjelaskan agak sedikit detail pada dasarnya apa itu CloudFlare, dan bagaimana cara kerjanya CloudFlare.

Mengenal Apa itu CloudFlare

Mungkin banyak orang yang berkecimpungan di dunia internet mengetahui dan beranggapan bahwa CloudFlare itu merupakan salah satu perusahaan penyedian CDN atau content delivery network. Namun CDN tidaklah menjelaskan mereka secara akuran dan komplit.

Lalu Content Delivery Network atau CDN itu apa

CloudFlare memang menggunakan teknologi seperti CDN untuk menawarkan berbagai jasa dan layanannya. Seperti CDN, CloudFlare menjalankan banyak sekali data center dan digunakan untuk menyimpan data cache website dari konten statis dari semua website yang menggunakannya, agar website tersebut memiliki kinerja yang jauh lebih cepat pengiriman datanya. CDN tradisional, hanya menerima request untuk menjalankan beberapa request dan membutuhkan pengguna untuk memilih konten yang akan di-host atau disimpan pada jaringan CDN. CDN tradisional dapat disebut sebagai massively distributed hosting, namun pihak dari CloudFlare lebih akurat dideskripsikan sebagai caching reverse proxy. Yang berarti tidak seperti CDN tradisional yang kita ketahui selama ini, layanan ini dapat menangani semua request ke website, dan hasilnya layanan ini mampu menghadirkan banyak sekali fitur-fitur seperti berikut ini:

  • Menghentikan total serangan spam atau D-DOS langsung ke website.
  • Konten yang terdapat pada website dapat diubah secara dinamis untuk meningkatkan kinerja.
  • Memasukan aplikasi ke dalam halaman web tanpa memberatkan kinerja server hosting.
  • Menyediakan analisis yang komplit dari semua request ke website kamu.
  • Secara otomatis dapat menentukan objek mana yang statis dan dapat dibuat cache pada jaringan tanpa perlu konfigurasi pengguna, pada dasarnya adalah tidak perlu repot.
  • Menyediakan network gateway antara protocol seperti IPv6 / IPv4.
  • Membuat SSL yang fleksibel dengan lebih mudah untuk digunakan dan pastinya lebih aman.
  • Dan banyak lagi fitur yang tidak ditawarkan oleh penyedia CDN tradisional.

Bagaimana cara CloudFlare Bekerja?

CloudFlare sudah dipastikan dapat melindungi dan membuat semakin cepat semua website yang online. Setelah website kamu menjadi bagian dari komunitas dan jaringan mereka, semua traffic webnya akan melalui jaringan global miliki mereka. Mereka akan secara otomatis mengoptimalkan halaman web, sehingga pengunjung dapat merasakan waktu load time yang lebih cepat dan memiliki kinerja yang terbaik. Mereka juga akan memblokir ancaman dan membatasi bots dan crowlers yang berbahaya yang dapat menghabiskan bandwitdh dan sumber daya dari server yang kamu gunakan. Hasilnya website yang menggunakan layanan ini akan mendapatkan peningkatan kinerjanya dan mengurangi spam dan serangan lainnya.

CloudFlare dapat digunakan oleh siapa saja dengan website dan domain sendiri, apapun CMS yang digunakan. Proses setup dari awal hingga akhir biasanya hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Menambahkan website hanya membutuhkan perubahan sederhana untuk pengaturan DNS domain kamu. Tidak ada perangkat keras atau perangkat lunak untuk menginstall atau merawatnya dan kamu juga tidak perlu mengubah kode apapun di website kamu. Untuk menonaktifkan layanan ini juga sanga mudah. Dan menariknya kita bisa menggunakannya gratis.

Jakartawebhosting menyediakan layanan Cloud Hosting dengan keamanan yang terjamin, layanan yang prima, dan harga yang bersaing.