Google Cloud Luncurkan Preemptible GPU

Google Cloud Luncurkan Preemptible GPU

Minggu lalu, Google Cloud mengumumkan versi beta dari GPU yang disertakan pada VM Preemptible, yang memberikan pilihan yang lebih murah bagi perusahaan yang ingin memperluas penggunaan resource mereka. Google mengungkap bahwa Preemptible GPU dapat menghemat biaya hingga 50% dibandingkan menggunakan GPU yang dipasangkan pada instance on-demand.

Awalnya GPU dirancang untuk menangani pemrosesan grafis, namun saat ini kepopularan GPU naik secara cepat seiring denga meningkatnya penggunaan kecerdasaan buatan (AI), karena kemampuan GPU untuk melakukan pemrosesan paralel yang diperlukan untuk workload machine learning. Pilihan preemptible yang lebih murah seperti ini ditawarkan oleh Google, mungkin dapat mengurangi keterbatasan dari perusahaan yang ingin berkeksperimen atau meningkatkan penggunaan teknologi machine learning.

Google awalnya menghadirkan instance Preemptible VM ke Google Cloud pada bulan Mei 2015. Kemudian Google merilis attachable SSD sebagai upaya untuk menghadirkan strategi preemptible ke storage.

Preemptible VM dirancang untuk “high-throughput batch computing, machice learning, dan scientific and technical workload.” Dan attachable GPU dapat membantu untuk mempercepatnya.

Pengguna dapat memilih untuk meng-attach baik itu GPU NVIDIA K80 atau NVIDIA P100 ke Preemptible VM, dengan biaya $0,22 dan $0,73 per GPU per jam. Pilihan ini dapat memberikan tambahan GPU pada computational batch workload dan large-scale machine learning, tetapi Google Compute Engine dapat men-shut down mereka kapan saja jika dibutuhkan untuk membebaskan resource.

Jangan khawatir, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan jika akan di-shutdown, namun hanya 30 detik sebelumnya. Batasan lain adalah GPU hanya tersedia maksimal selama 24 jam sebelum mereka di-shutdown.

Untuk lebih mengerti mengenai Preemptible GPU yang ditawarkan oleh Google Cloud dan juga pilihan GPU lainnya, dapat membacanya di post blog resmi Google Cloud.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.