4 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Hybrid Cloud

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Hybrid Cloud Hosting

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Hybrid Cloud Hosting

Hybrid Cloud Hosting sangat lah berarti bagi para pemilik situs website yang menginginkan atau memilih keamanan data yang tinggi dengan keuntungan ekonomis dari teknologi Public Cloud yang disediakan oleh para pengelola web hosting.

Akan tetapi, layanan ini tidak bisa digunakan begitu saja oleh banyak orang, tetapi perpaduan antara Public Cloud dan Private Cloud ini memiliki sebuah beberapa keuntungan yang spesifik seperti kebutuhan keamanan, penyimpanan dan/atau komputasi dalam sistem komputerisasi cloud hosting. Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu ketahui tentang Hybrid Cloud.

1. Apa Itu Hybrid Cloud Hosting

Hybrid Cloud Hosting merupakan sebuah web hosting yang  mengkombinasikan antara layanan Private Cloud dan Public Cloud, yang komunikasinya dilakukan melalui teknologi yang terenkripsi yang memungkinkan data dan/atau aplikasi mudah dipindahkan tanpa terganggu dan tanpa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Arsitektur Hybrid Cloud Hosting

Hybrid Cloud hosting model / infrastruktur berisi dari tiga bagian yang secara terpadu berhubungan, yaitu:

  • Public Cloud
  • Private Cloud
  • Cloud Service / Management Platform

Komponen Public Cloud dan Private Cloud merupakan teknologi cloud hosting dengan unsur elemen yang independen, jadi kita dapat melindunginya dan menyimpan data dengan baik pada Private Cloud sementara sumber daya komputasi menggunakan Public Cloud.

2. Keuntungan Menggunakan Hybrid Cloud Hosting

Keuntungan yang paling diharapkan dari sistem Hybrid Cloud adalah menjaga data tetap privat pada infrastruktur Cloud yang kita punya sendiri. Sehingga data yang kita miliki akan tetap tersimpan dengan sangat baik dan terlindung di server Cloud lokal sehingga data tidak akan tersebar melalui internet publik. Dan menggunakan sumber daya Public Cloud untuk proses komputasi yang lebih ekonomis.

Cloud Computing Dapat Membantu Orang Mengubah Dunia

Hybrid Hosting memungkinkan untuk menaikan fleksibilitas dari layanan Cloud, mengambil keuntungan dari sumber daya komputasi hanya ketika kita membutuhkannya, tanpa memindahkan semua data ke datacenter pihak ketiga. Kita bisa mempertahankan infrastruktur ketika mendukung beban kerja rata-rata pada server on-premise. Tapi ketika beban kerja melebihi kemampuan pada Private Cloud, kita masih mampu mempertahankannya melalui Public Cloud.

3. Kekurangan Menggunakan Hybrid Cloud

Sisi lain dari keuntungan adalah kekurangan. Seperti tingkat kesulitas yang lebih tinggi untuk menjaga dan mengelola infrastruktur yang besar, kompleks dan mahal. Membangun sistem hybrid membutuhkan biaya yang besar, sehingga hanya harus dipertimbangkan ketika realistis dibutuhkan. Hybrid Hosting juga punya kekurangan pada tranportasi data.

4. Siapa Yang Menggunakan Solusi Hybrid Cloud?

  • Sektor Keuangan: Apa bila hal yang berhubungan dengan keuangan, pasti harus dengan sangat berhati hati terhadap data yang terdapat di dalam database. Maka, untuk menurunkan penyimpanan dan latency (misalnya perusahaan investasi mendorong perdagangan melalui Public Cloud dan Private Cloud untuk mengurangi latency dan pengimpanan fisik yang diperlukan).
  • Industri Kesehatan: Untuk mengatasi rintangan peraturan HIPAA.
  • Firma Hukum: Untuk melindungi dari kehilangan data dan pelanggaran keamanan.
  • Perusahaan Ritel: Hal ini demi menangani banyak sekali komputasi yang terjadi dengan tugas analisa data yang besar pada tiap produk dan transaksinya.
  • Siapa saja yang tertarik untuk melindungi data privasinya, entah itu seorang personal, pemilik bisnis, dan lain sebagainya.

Perusahaan anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? https://www.jakartawebhosting.com/cloud-server/ menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.