Kenapa Bisnis Anda Harus Menggunakan Cloud Hosting

Kenapa Bisnis Anda Harus Menggunakan Cloud Hosting?

Secara tradisional perusahaan membuat situs dan menyimpannya pada single server melalui perusahaan data centre. Situs dengan traffic yang tinggi menggunakan dedicated server, sedangkan situs yang lebih kecil biasanya menggunakan shared hosting. Saat ini ada cara baru yang saat ini tengah popular dan semakin banyak digunakan: Cloud Hosting.

Apa itu Cloud Computing?

Konsep Cloud Computing telah ada sekitar tahun 1950, dimana konsep ini dibangun dengan prinsip berbagi sumber daya.

Bayangkan perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak. Dari pada memasang aplikasi pada ribuan komputer karyawannya, perusahaan cukup memasangnya pada satu infrakstruktur tersentralisasi dan karyawan tinggal mengakses aplikasi tersebut melalui jaringan. Cara ini menghilangkan waktu untuk memasang dan memperbaharui aplikasi pada ribuan komputer.

Cloud Computing digunakan oleh banyak perusahaan internet, seperti penyedia layanan email: Gmail, Outlook dan lainnya. Dan juga situs popular seperti Facebook, YouTube, Twitter, layanan e-banking dan masih banyak lagi. Dan salah satu layanan Cloud Computing lain adalah layanan penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox, Microsoft OneDrive dan lainnya.

Lalu apa itu Cloud Hosting?

Sama seperti konsep original Cloud Computing, Cloud Hosting juga menggunakan prinsip berbagi sumber daya.

Perusahaan hosting akan membangun infrastruktur ‘Cloud’ dengan multiple server. Software virtualisasi akan digunakan selanjutnya untuk membagi server fisik ini menjadi server virtual atau ‘Cloud’. Setiap virtual server akan di-setup dengan aplikasi dan software yang unik. Perusahaan yang menggunakan server virtual tidak akan merasakan perbedaan yang berarti dengan menggunakan server fisik.

Jika perusahaan menggunakan server fisik, tentunya ada batasan pada servernya seperti misalnya server dengan harddisk 50GB, RAM 4GB dan CPU tertentu. Pada saat perusahaan ingin menaikan paketnya, perusahan hosting pastinya akan meng-upgrade hardware RAM, harddisk dan CPU-nya, atau mengganti dengan server fisik yang baru. Dengan layanan yang tengah popular ini, perusahaan dapat dengan mudah melakukan permintaan upgrade atau downgrade tanpa harus mengganti hardware-nya.

5 Alasan kenapa perusahaan harus menggunakan Cloud Hosting

1. Simpel

Untuk membangun server dengan Cloud Hosting tidak memerlukan waktu yang lama. Perusahaan hanya perlu menyiapkan kontennya saja, dan perusahaan hosting yang akan meng-handle setup server-nya.

2. Fleksibilitas

Perusahaan dapat memilih paket dengan spesifikasi server dan juga sistem operasi yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Dan seperti yang sudah disebutkan diatas, perusahaan dapat dengan mudah untuk melakukan upgrade atau downgrade spesifikasi dari server.

3. Murah

Layanan ini menggunakan sistem pembayaran berbasis langganan, perusahaan cukup membayar biaya langganan perbulan sesuai dengan paket yang dipilihnya. Dan biayanya pun masih terjangkau untuk pengguna personal maupun perusahaan kecil.

4. Waktu downtime yang lebih minimal

Jarang terjadi masalah pada Cloud Hosting, dan jika ada masalah perusahaan hosting akan langsung memindahkannya ke server virtual lainnya, biasanya data center-nya ada di beberapa negara atau di beberapa kota. Dan pada saat upgrade dan downgrade hanya membutuhkan waktu hitungan detik saja, karena hanya perlu menggantinya menggunakan software. Berbeda dengan server fisik, yang tentunya memerlukan waktu yang lebih lama ketika mengganti hardware.

5. Auto back-up dan snapshot

Tidak perlu khawatir data yang ada di server akan hilang, karena biasanya ada fitur auto backup dan snapshot untuk membackup data-data yang ada pada server.

Jakartawebhosting.com menyediakan berbagai layanan hosting, salah satunya adalah Cloud Hosting. Jakartawebhosting menyediakan berbagai jenis paket untuk pengguna personal dan juga korporat dengan biaya yang terjangkau dan support 24 jam / 7 hari.

Kenapa Bisnis Anda Harus Menggunakan Cloud Hosting