Manfaat Cloud Computing Pada Industri Kesehatan

Manfaat Cloud Computing Pada Industri Kesehatan

Cloud Computing atau komputasi berbasis awan menawarkan banyak manfaat untuk bisnis, dan membuatnya semakin maju. Manfaatnya ini bisa dirasakan pada hampir semua sektor industri, termasuk industri kesehatan. Manfaat Cloud Computing bisa membantu para profesional dibidang kesehatan seperti dokter untuk bisa memberikan pelayanan kepada pasien dari mana saja. Dan ini yang membuatnya semakin berharga.

Kolaborasi yang lebih baik

Kolaborasi menjadi hal yang vital pada industri kesehatan, yang menjadikan Cloud Computing sebagai tambahan yang sempura pada industri ini. Dengan membuat para profesional dibidang kesehatan menyimpan dan mengakses data secara remote, para pekerja kesehatan di seluruh dunia dapat mengakses data secara cepat dan membantu memberikan perawatan yang tepat kepada pasien tanpa menundanya.

Sebagai tambahan juga dapat digunakan untuk melakukan konfrensi secara remote darimana saja, mengupdate perkembangan dunia industri kesehatan, dan lain sebagainya.

Penyimpanan yang lebih baik – biaya yang lebih murah

Manfaat Cloud Computing memungkinkan semua data kesehatan di simpan di awan dengan biaya yang lebih murah. Yang memungkinkan semua rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya diberbagai daerah meski terpencil asal ada koneksi internet, bisa mengakses data yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, tanpa memerlukan biaya yang besar.

Penanganan yang lebih tepat pada pasien

Seperti yang sudah disebutkan diatas para ahli dibidang kesehatan dapat menyimpan data pada Cloud, yang memungkinkan dokter untuk membandingkan data yang dibutuhkan dengan kondisi dan riwayat penyakit pasien. Sehingga dokter menjadi lebih fokus dan memberikan diagnosa yang lebih akurat mengenai penyakit yang diderita oleh pasien.

Pertolongan lebih cepat, terutama saat bencana

Ketika bencana melanda, untuk mendatangkan profesional atau dokter ahli ke tempat bencana pastinya akan sangat sulit serta membutuhkan waktu yang lama. Dan mungkin hanya ada sedikit petugas medis dan dokter yang tersedia di tempat bencana. Dengan Cloud Computing, mereka dapat melakukan konsultasi dan mendapat panduan dari dokter profesional untuk memberikan perawatan yang terbaik secara real time, meminta bantuan obat dan tambahan petugas medis, dan mengupdate informasi mengenai keadaan korban.

Perawatan pasien darimana saja

Cloud Computing memungkinkan untuk melakukan perawatan secara remote, pasien tidak perlu datang langsung menemui dokter. Dengan perangkat smartphone pasien dapat melakukan konsultasi dan memberikan data yang diperlukan tanpa harus ke rumah sakit. Saya pernah mendengar ada perangkat mobile berbasis Android yang bisa digunakan untuk melakukan tes darah, dan bisa medeteksi berbagai penyakit. Dan memanfaatkan Cloud untuk mendapatkan berbagai informasi dan berkonsultasi dengan dokter ahli.

Riset kesehatan yang lebih cepat

Cloud memungkinkan untuk menyimpan dan berbagi data untuk mempercepat proses riset di bidang kesehatan. Peneliti dari berbagai negara bisa mendapatkan data ini darimana saja, untuk membantu riset yang sedang dilakukannya.

Reseller-Hosting-150x100