Mengenal Apa Itu Hybrid Cloud

Mengenal Apa Itu Hybrid Cloud

Jika Private Cloud merupakan layanan cloud yang aman dimana hanya bisa diakses oleh satu organisasi dan melalui jaringan private. Sementara Public Cloud merupakan layanan cloud yang dapat diakses oleh banyak pengguna melalui jaringan publik. Sedangkan Hybrid Cloud merupakan layanan cloud yang mengintegrasikan baik Private Cloud dan juga Public Cloud untuk menghadirkan fungsi yang beragam pada organisasi yang sama.

Semua layanan cloud computing seharusnya menawarkan efisiensi, tetapi Public Cloud yang paling efisien dalam hal biaya dan juga lebih terukur dibandingkan dengan Private Cloud. Organisasi atau perusahaan dapat memaksimalkan efisiensi mereka dengan menggunakan layanan Public Cloud untuk semua operasi yang tidak bersifat sensitif. Dan hanya mengandalkan Private Cloud dimana mereka membutuhkannya ketika menjalankan operasi yang bersifat sensitif, dan memastikan semua platform mereka diintergrasikan dengan mulus. Itulah Hybrid Cloud.

Model Hybrid Cloud dapat diimplementasikan dalam beberapa cara:

  1. Memisahkan penyedia Cloud untuk menyediakan kedua layanan Private dan Public Cloud sebagai layanan terintegrasi.
  2. Penyedia cloud individu menawarkan paket hybrid yang lengkap.
  3. Organisasi yang mengelola Private Cloud mereka sendiri, dan juga berlangganan layanan Public Cloud , kemudian mereka mengintegrasikannya ke dalam infrastruktur mereka.

Dalam prakteknya, perusahaan dapat mengimplementasikan hybrid cloud hosting untuk menyimpan website e-commerce mereka dalam Private Cloud, dimana lebih aman dan dapat dikembangkan. Tetapi website informasinya disimpan pada Public Cloud, dimana lebih hemat biaya. Sebagai alternatif, Infrastructure as a Service (IaaS) menawarkan, sebagai contoh, menggunakan model Hybrid Cloud dan menyediakan bisnis keuangan dengan media penyimpanan untuk data klien di dalam Private Cloud, tetapi membolehkan kolaborasi seperti project planning document melalui Public Cloud, dimana dapat diakses oleh banyak pengguna dari lokasi dimana saja.

Konfigurasi Hybrid Cloud Dapat Memberikan Pengguna Fitur Ini:

  • Skalabilitas: Dengan memindahkan banyak fungsi yang tidak sensitif sebanyak mungkin ke Public Cloud, memungkinkan organisasi mendapatkan manfaat dari skalabilitas Public Cloud, sambil mengurangi permintaan akan Private Cloud.
  • Efisiensi Biaya: Hybrid Cloud memungkinkan organisasi mendapatkan penghematan biasa dari Public Cloud, sambil tetap menjaga operasi yang sensitif tetap aman di Private Cloud.
  • Keamanan: Fitur keamanan dari Private Cloud tetap dibawa, yang dibutuhkan oleh operasi yang sensitif.
  • Fleksibiltas: Ketersedian baik itu dari sumber daya yang aman dan juga sumber daya publik yang lebih hemat biaya. Sehingga menyediakan organisasi lebih banyak kesempatan untuk mengeksplorasi cara oeprasional yang berbeda.

 

Jakartawebhosting menyediakan layanan Cloud Hosting dengan keamanan yang terjamin, layanan yang prima, dan harga yang bersaing.