Mengenal Layanan Private Cloud

Mengenal Layanan Private Cloud

Layanan Private Cloud merupakan salah satu tipe Cloud Computing yang menawarkan keunggulan serupa dengan Public Cloud, termasuk dalam hal self-service dan skalabilitas, namun memiliki arsitektur yang berbeda. Tidak seperti Public Cloud, yang memberikan layanannya ke banyak organisasi, Private Cloud hanya didedikasikan untuk kebutuhan satu organisasi.

Private Cloud cocok untuk bisnis dengan kebutuhan komputasi dinamis atau yang tidak dapat diprediksi yang memerlukan kontrol langsung atas lingkungan mereka. Biasanya layanan ini diperuntukan bagi organisasi yang memerlukan persyaratan keamanan, tata kelola bisnis atau peraturan dari pemerintah.

Private Cloud vs Public Cloud vs Hybrid Cloud

Public Cloud merupakan layanan cloud yang dapat digunakan oleh banyak organisasi sebagai klien. Klien dapat mengelola sumber daya komputasi melalui jaringan internet. Beberapa penyedia Public Cloud yang terkenal seperti Amazon Web Services atau Microsoft Azure.

Private Cloud sengaja dibuat dan dikelola oleh satu organisasi saja. Mode cloud ini mungkin didasarkan pada data center on-premise yang sudah dimiliki atau membangun baru, atau menggunakan infrastruktur yang terpisah. Organisasi itu yang memiliki dan mengoperasikan cloud-nya sendiri.

Hybrid Cloud merupakan model yang menghubungkan Private CLoud dengan infratruktur Public Cloud. Yang memungkinkan organisasi untuk mengatur proses di Public Cloud, sementara data tetap berada di Private.

Penyedia Utama Layanan Private Cloud

Private Cloud biasanya menggunakan data center on-premise seperti bisnis membangun dan mengoperasikan data center-nya snediri. Namun saat ini banyak vendor yang menawarkan layanan Private Cloud yang dapat mendukung atau bahkan mengganti sistem lokal.

Beberapa pemain besar dalam pasar Private Cloud seperti Hewlett-Packard Enterprise (HPE) dengan software Helion Cloud Suite, hardware Helion CloudSystem, dan layanan Helion Managed Private Cloud dan Managed Virtual Private Cloud.

VMware juga merupakan pemain besar dengan platform Cloud Foundation Software-Defined Data Center (SDCC). Ada juga Dell EMC, yang menawarkan layanan virtual private cloud. Dan juga IBM, yang menawarkan hardware Private bersama dengan layanan keamanan dan pengelolaan cloud IBM Cloud Managed Services.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.