Microsoft dan Facebook Ciptakan Open Neural Network Exchange

Microsoft dan Facebook Ciptakan Open Neural Network Exchange

Microsoft dan Facebook baru saja mengumumkan format Open Neural Network Exchange (ONNX), standar yang mewakili model deep learning yang memungkinkan model untuk ditransfer antar framework. ONNX merupakan langkah pertama untuk open ecosystem dimana developer AI (Artificial Intelligence) dapat dengan mudah untuk berpindah antara tool dan memilih kombinasi yang tepat untuk mereka.

Ketika mengembangkan learning model, engineer dan researcher memiliki banyak framework AI yang bisa dipilih. Pada suatu proyek, developer dapat memiliki fitur dan commit untuk suatu framework. Seringkali dalam proses pengembangan tool dan teknologi AI, developer, engineer dan researcher memilih framework spesifik berdasarkan pada kemampuan uniknya. Namun, hal ini berarti bahwa mereka sering terjebak dalam framework selama proses berlangsung.

Masalah besar yang bisa tercipta adalah ketika dapat tahap penelitian dan pengembangan memerlukan beberapa fitur dan kemampuan daripada pengiriman ke produksi. Hal ini menyebabkan beberapa tugas tidak efisien, seperti menerjemahkan model agar sesuai dengan framework yang berbeda yang sesuai dengan kebutuhan.

Tujuan dari Open Neural Network Exchange, adalah untuk menjembatani kesenjangan antara framework dan memungkinkan developer serta engineer memiliki framework mana yang paling sesuai dengan proyek mereka pada tahap yang berbeda di sepanjang jalan. Dukungan ONNX akan segera hadir di Caffe2, PyTorch, dan Cognitive Toolkit di bulan September 2017 ini. Yang berarti bahwa model yang dilatih dengan salah satu framework ini diekspor ke framework lainnya untuk penetapan.

Fitur lain yang dikenal sebagai shared optimization juga bisa membantu kemajuan pengembangan AI. Seringkali vendor dan pihak ketiga harus mengintegrasikan pengoptimalan untuk framework AI yang spesifik secara terpisah, namun Open Neural Network Exchange dapat memungkinkan mereka untuk menargetkan beberapa kerangkat sekaligus.

ONNX dirilis sebagai proyek open source, yang berarti bahwa format tersebut dapat pengembangan dan kemajuan tambahan dari komunitas open source yang lebih besar.

Mengaktifkan interoperabilitas antara framework yang berbeda dan merampingkan jalur dari penelitian ke produksi akan membantu meningkatkan kecepatan inovasi di komunitas AI.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.