Pendapatan Cloud Computing Naik 25 Persen di Tahun 2016

Pendapatan Cloud Computing Naik 25% di Tahun 2016

Tahun 2016 ini menjadi tahun pertama dimana Cloud Computing mulai mendominasi banyak segmen pasar IT, dengan pendapatan Cloud Computing pada kuartal ketiga tahun 2016 yang berakhir pada 30 September naik 25% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut laporan yang dirilis oleh Synergy Research Group.

Pendapatan vendor dan operator untuk enam segmen Cloud Computing mencapai angka US$ 148 milyar selama kuartal ketiga 2016, dengan pengeluaran pada Private Cloud terhitung menyumbangkan setengah dari total pendapatan tersebut. Tetapi pengeluaran pada Public Cloud memiliki pertumbuhan yang paling cepat.

“Hambatan utama untuk adopsi Cloud sekarang hampir sesuatu dari masa lalu, terutama di sisi Public Cloud,” ungkap Pendiri dan Chief Analyst Synergy Research Group, Jeremy Duke. “Teknologi Cloud sekarang menghasilkan pendapatan yang sangat besar bagi vendor teknologi dan penyedia layanan Cloud, namun masih banayk tahun dengan pertumbuhan yang kuat ke depan.”

Di antara ke-enam segmen yang dipelajari, pendapatan dari infrastructure as a service (IaaS) dan platform as a service (PaaS) tumbuh sebesar 53% dibandingkan tahun sebelumnya, dan yang menjadi pemimpin pasar adalah Amazon Web Service dan Microsoft Azure. Amazon Web Service menjadi pembuat konsep pertama Cloud Computing 10 tahun lalu dan sekarang mereka menargetkan untuk mendapatkan pendapatan Cloud Computing sebesar US$ 13 milyar pada tahun 2016. Microsoft Azure menjadi pesaing kuatnya, dan tumbuh dengan sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pendapatan Cloud Computing dari segmen Private Cloud didominasi oleh IBM dan Rackspace, sementara segmen software as a service (SaaS) didominasi oleh Microsoft dan Salesforce yang semuanya menunjukan angka pertumbuhan sebesar 35%.

Pendapatan Cloud Computing dari segmen unified communication as a service (UCaaS), layanan telekomunikasi ini didominasi oleh Cisco dan Citrix, dengan angka pertumbuhan 20%. Pendapatan dari infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan pada Public Cloud tumbuh dengan angka 23%, didominasi oleh Cisco dan HPE. Pendapatan dari infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak dari Private Cloud tumbuh dengan angka 5%, yang didominasi oleh HPE dan Dell EMC.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan berbagai pilihan paket cloud hosting dengan harga yang terjangkau, serta memiliki customer support yang handal yang siap membantu kamu selama 24 jam.