Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik di 2018

Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik di 2018

Punya banyak file-file dengan ukuran yang besar, solusinya kamu bisa membeli hard disk eksternal untuk menyimpan file-file tersebut. Namun jangan mengambil resiko kehilangan file-file ini karena kegagalan hardware, misal hard disk eksternal rusak akibat terjatuh atau tercebur. Solusi terbaik yang bisa kamu pilih adalah dengan menyimpan file penting ini di penyimpanan cloud terbaik.

Di internet ada banyak layanan penyimpanan berbasis cloud terbaik yang bisa kamu pilih untuk menyimpan file-file kamu. Jangan khawatir dengan menggunakan penyimpanan cloud terbaik, kamu bisa mengakses file-file ini, kapan saja dari perangkat apa saja tanpa perlu repot membawa hard disk eksternal, asalkan ada koneksi internet.

Pada post kali ini saya akan membahas beberapa penyimpanan cloud terbaik yang bisa kamu pilih untuk di tahun 2018.

1. Google Drive

Layanan penyimpanan cloud terbaik Google Drive menawarkan penyimpanan berbasis cloud yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Docs, Google Photo, Gmail dan lainnya. Kamu bisa menyimpan berbagai jenis file, dan dapat berbagi dengan mudah ke siapa saja dengan mengirimkan link download-nya. Kamu juga bisa mengakses Google Docs untuk membuat file dokumen dan menyimpannya langsung di Google Drive. Dan tentunya kamu bisa mengakses file-file yang ada di Google Drive dari perangkat apa saja dan dimana saja asalkan terkoneksi ke internet.

Versi gratis dari Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan total (Google Drive + Google Photo + Gmail) adalah 15GB. Jika terbilang kecil, kamu bisa upgrade paket dengan storage 100GB dengan biaya Rp26.900 per bulan, 1TB dengan biaya Rp135.000, dan 10TB dengan biaya Rp1.350.000 per bulan.

2. Microsoft OneDrive

Hampir sama seperti Google Drive, Microsoft OneDrive juga menawarkan layanan penyimpanan cloud, yang tidak hanya untuk menyimpan file foto tetapi juga file-file lainnya. Dan juga Microsoft menyediakan aplikasinya untuk berbagai perangkat, yang kita bisa mengaturnya untuk meng-upload otomatis file-file yang ada di komputer Windows, kemudian mengaksesnya dari perangkat apa saja dan kapan saja.

Untuk versi gratis Microsoft hanya menyediakan kapasitas 5GB. Microsoft juga menyediakan paket 50GB dengan biaya Rp33.000 per bulan, dan juga menyediakan paket dengan layanan Microsoft Office 365 dengan kapasitas yang lebih besar.

3. Dropbox

Dropbox bisa dikatakan sebagai yang paling tua yang menawarkan layanan penyimpanan cloud terbaik. Namun sayangnya layanan ini hanya menyediakan kapasitas yang kecil sebesar 2GB untuk versi gratisnya. Namun kamu bisa meningkatkannya hingga 16GB dengan menghubungkan akun Dropbox ke media sosial dan mereferensikan ke teman-teman kamu. Selain itu ada juga paket langganan, $99 per bulan untuk 1TB.

4. Mega

Mega menjadi favorit saya, karena menyediakan kapasitas yang sangat besar untuk paket gratisnya yakni sebesar 50GB. Tersedia aplikasi mobile dan add-on untuk Chrome, jadi kamu bisa meng-upload file dari perangkat Android dan iOS, dan juga PC, dan mengakses file tersebut di perangkat lain yang kamu gunakan.

Satu hal lagi yang menarik dari layanan Mega adalah semua data yang disimpan diklaim dienkripsi terlebih dahulu di perangkat sebelum diupload ke server Mega.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.