Perbedaan Cloud Server vs Dedicated Server

Perbedaan Cloud Server vs Dedicated Server

Mungkin kamu bingung mengenai pilihan kamu untuk meng-hosting website atau aplikasi kamu. Jika kamu tidak yakin untuk memilih cloud server atau dedicated server, mungkin artikel ini dapat membantu kamu.

Cloud Server

Jika kamu membutuhkan kinerja IT yang optimal tanpa biaya yang besar tanpa membeli infrastruktur khusus tersendiri, cloud server merupakan pilihan yang tepat. Banyak perusahaan kecil dan menengah, dengan berbagai permintaan dan workload, menemukan bahwa cloud server merupakan pilihan efektif yang sesuai dengan kebutuhannya.

Cloud server dapat dikonfigurasi untuk menghadirkan tingkat kinerja, keamanan dan kontrol yang setara dengan dedicated server. Tetapi ada beberapa hal yang tidak ditawarkan oleh dedicated server. Karena menggunakan lingkungan virtual yang dikelola oleh penyedia cloud hosting, kita dapat dengan mudah mengubah hardware-nya baik men-upgrade atau men-downgrade sesuai dengan perkembangan bisnis hanya dengan beberapa klik dan tanpa harus mengalami waktu down.

Dan juga dengan cloud server, kamu hanya membayar sumber daya komputasi (CPU, memory, storage dan lainnya) yang kamu gunakan, dan kamu memiliki fleksibilitas yang tidak terbatas.

Dedicated Server

Dedicated server merupakan server fisik yang kita beli atau sewa keseluruhannya untuk kebutuhan bisnis kita. Dedicated server sangat cocok untuk perusahaan atau organisasi besar yang membutuhkan tingkat keamanan data yang tinggi dan yang membutuhkan server selalu berjalan 24x7x365. Bisnis yang menggunakan aplikasi I/O yang berat seperti database dan platform Big Data juga akan menemukan nilai yang signifikan menggunakan dedicated server. Bisnis yang menggunakan dedicated server masih memerlukan kapasitas dan keahlian IT untuk mengelola pemeliharaan yang sedang berlangsung.

Cloud Server vs Dedicated Server

  1. Seberapa cepat mendapatkan sumber daya online? Dengan cloud server, kamu bisa mendapatkan sumber daya hanya dalam hitungan menit. Tetapi dengan dedicated server memerlukan waktu yang lebih lama, bahkan bisa berminggu-minggu.
  2. Dapatkan saya meng-upgrade RAM, disk space dan CPU? Keduanya sangat bisa. Namun perbedaannya, untuk cloud lebih cepat dengan hanya beberapa klik. Sedangkan pada dedicated server lebih lama, karena kita harus menganti hardware pada mesin secara manual di data center.
  3. Mana yang paling hemat biaya? Dengan cloud kita hanya membayar apa yang kita pakai saja seperti CPU, RAM, storage dan lainnya. Sementara pada dedicated server, kita harus membeli server fisik yang harganya mahal.
  4. Dapatkan saya mengatasi kebutuhan keamanan? Jika keamanan menjadi syarat utama, maka dedicated hardware merupakan pilihan yang terbaik untuk bisnis kamu.
  5. Bisakah saya mengelola server on-the-go melalui perangkat mobile? Yes, kita bisa mengelola server cloud dari perangkat mobile, baik Android dan iOS. Namun hal ini tidak berlaku pada dedicated server, kita harus melakukannya secara manual.