Teknologi Serverless Membawa Penghematan Biaya Untuk Cloud

Teknologi Serverless Membawa Penghematan Biaya Untuk Cloud

Perusahaan yang mengadopsi layanan cloud computing mengagumi efisiensi biaya yang dibawa oleh teknologi ini dibandingkan dengan infrastruktur tradisional yang mereka gunakan sebelumnya. Namun menurut Microsoft Azure Chief, Scott Guthrie berpikir bahwa gelombang baru produk cloud yang super efisien akan membuat keuntungan tersebut tampak aneh.

Guthrie memulai acara KTT Cloud Tech diawal bulan ini, dengan membahas munculnya teknologi serverless dan container selama diskusi. Microsoft Azure dan perusahaan penyedia cloud lainnya sangat mengangkat teknologi serverless selama tahun 2017 sebagai jalan menuju lingkungan cloud computing yang lebih efisien lagi, dimana pengguna hanya membayar untuk apa yang digunakannya.

Serverless adalah istilah lain yang sedikit menyesatkan untuk strategi komputasi perusahaan. Percaya atau tidak, aplikasi yang dibangun dengan teknologi serverless masing menggunakan server.

Tetapi pada prakteknya membagi aplikasi menjadi banyak fungsi kecil berarti pengguna tidak perlu mempertahankan kelebihan kapasitas jika terjadi lonjakan permintaan, dan ini telah membuat banyak perusahaan bereksperimen dengan teknologi ini di tahun 2017 ini. Fungsi dapat ditulis untuk merespon sumber daya komputasi secara otomatis saat permintaan bertambah secara tak terduga, dan kemudian turun seiring dengan permintaan yang juga turun.

Dan meskipun cloud cenderung lebih murah daripada perangkat keras on-premise tradisional, teknologi container dan serverless dapat menghemat lebih banyak uang, ungkap Guthrie. Dan ketika pelanggan menyadari betapa banyak yang dapat mereka hemat dengan menulis aplikasi menggunakan teknologi serverless, mereka cenderung meningkat dengan sangat cepat, dan hal ini tentunya sangat baik untuk Microsoft Azure dan penyedia cloud lainnya.

Salah satu pelanggan Microsoft Azure yang menggunakan teknologi serverless sebagai bagian dari infrastruktur manufaktur Internet of Things dapat menjalankan 1,8 miliar pemanggilan dalam satu haru hanya dengan membayar sekitar US$ 4, ungkap Guthrie.

Dan begitu mereka menyadari tagihannya benar, mereka segera mulai merencanakan langkah selanjutnya ke teknologi serverless, yang pada akhirnya akan menghadirkan uang untuk Microsoft.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.